logo mahkamah agung website ramah difable
Typography Berita Terkini

Kami akan menyajikan berita-berita terupdate tentang berbagai kegiatan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Tunjuk Muka Pegawai Mutasi dari PA Karanganyar

16Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 15 Oktober 2020. Dilihat: 10

Sasmito, S.H datang ke Pengadilan Agama Sukoharjo pada Jumat, 16 Oktober 2020, ia merupakan Panitera Muda Hukum dari Pengadilan Agama Karaganyar, berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Jenderal Peradilan Agama Mahkamah Agung RI , dipindahkan menjadi Panitera Muda Hukum di Pengadilan Agama Sukoharjo , Sasmito langsung menemui Wakil Ketua Pengadilan agama Sukoharjo , Mursid Syah S.Ag selaku pucuk pimpinan dari Pengadilan Agama Sukoharjo di ruangannya untuk melapor dan menanyakan kiranya apa saja yang perlu disiapkan dan kapan pelantikannya. Mursid Syah S.Ag belum bisa memberikan jawaban pasti dikarenakan Panmud Hukum PA Sukoharjo H. Wassalam, S.H baru dilantik Hari Senin , tanggal 19 Oktober 2020, Nanti akan diberi kabar lebih lanjut, tuturnya.

Lapor Pegawai Mutasi An. Sasmito S.H

Perkara Dispensasi Nikah Meningkat

15Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 15 Oktober 2020. Dilihat: 10

SUKOHARJO – Sampai dengan Triwulan Ke 3 Tahun 2020 ini, Pengadilan Agama (PA) Sukoharjo mencatat sebanyak 160 anak di bawah umur mengajukan permohonan dispensasi menikah. Mayoritas dari mereka sudah mengandung di luar nikah. Sehingga permohonan dispensasi menikah hampir dipastikan bisa dikabulkan.

Mengacu Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, baik laki-laki maupun perempuan yang belum berusia 19 tahun tidak bisa menikah.

Regulasi tersebut berbeda dengan sebelumnya yang mengizinkan perempuan dengan minimal usia 16 tahun dan laki-laki 19 tahun untuk menikah.

Panitera Muda Hukum PA Sukoharjo Wasalam menerangkan bahwa, pada Januari 2020 terdapat 26 orang mengajukan dispensasi perkawinan. Turun menjadi 19 orang pada Februari, dan Maret hanya 14 orang, Saat pelayanan PA Sukoharjo ditutup April lalu karena pandemi Covid-19, terdapat dua pemohon dispensasi menikah dan Mei enam pemohon. Pada Juni ada 27 Orang, Juli 27 Orang , Agustus 16 Orang, September 23 Orang, "Total dari Januari sampai September mencapi 160 pemohon (dispensasi menikah)," ucapnya.

Para Pihak Menunggu Sidang

Pelantikan Wakil Ketua dan Hakim PA Sukoharjo

14Agustus

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 14 Agustus 2020. Dilihat: 25

Sukoharjo, Jumat, 14 Agustus 2020 - Wakil ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Mursyid Syah, S.A.g. resmi menjabat usai dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H, M.H, Jumat, 14 Agustus 2020 Yang dilaksanakan di Ruang Sidang I kantor Pengadilan Agama Sukoharjo.. Prosesesi acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan berjalan lancar dan khidmat dengan dihadiri sejumlah pejabat PA. Sukoharjo, diantaranya para Hakim, Panitera, sekretaris, Perwakilan Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan serta tamu undangan dari Pengadilan Agama tempat para pejabat yang dilantik sebelum mutasi ke Pengadilan Agama Sukoharjo.

Dalam pelantikan ini, Tidak hanya Wakil Ketua Mursyid Syah, S.A.g. yang dilantik dan diambil sumpah Jabatan, tetapi juga Hakim atas nama M. Zarkasi Ahmadi, S.H. dan Hafidz Umami S.H.I , ketiganya dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo dengan menggunakan protocol covit sebab dalam situasi new normal seluruh kegiatan yang mengumpulkan banyak orang haruslah dengan protocol dengan menjaga jarak satu dengan lainnya dan memakai masker serta sarung tangan. Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, lalu pembacaan doa oleh H. Wassalam, S.H kemudian dibacakan Surat Keputusan (SK) Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 181/KMA/SK/VII/2020 dan Nomor Nomor 174/KMA/SK/VII/2020 tertanggal 24 Juli 2020 oleh petugas pelantikan yaitu Nur Endang Tri MArgawati S.H, M.H , kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh pejabat yang dilantik, dua orang saksi (Dra. Hj. Muhlisoh, M.H dan Sutikno S.Ag, M.H), dan Rohaniwan (Sahrowardi,S.H.), terakhir pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang baru dilantik.

Dalam sambutannya KPA. Sukoharjo , Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H menyampaikan beberapa pesan kepada Wakil yang baru dilantik agar menjalankan tugas dengan sebaik baiknya dengan pesan utamanya adalah dimana Pengadilan Agama Sukoharjo telah ikut penilaian Zona Integritas, agar supaya dapat membawa Pengadilan Agama Sukoharjo memperoleh predikat WBK. Terakhir KPA Sukoharjo Mengucapkan selamat kepada WKPA yang baru dilantik semoga selalu amanah menjalankan tugas di PA. Sukoharjo dan semoga karirnya dan selalu diberi kelancaran oleh Allah dalam menjalankan amanah ini, kemudian acara ditutup serta dilanjutkan ucapan selamat dari segenap Pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo kepada WKPA dan Hakim PA Sukoharjo yang baru dilantik dan diakhiri acara foto bersama sebagai Dokumentasi.

Prosesi Pelantikan Wakil Ketua dan Hakim PA Sukoharjo

Launching Landipa Soloraya

12Juni

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 12 Juni 2020. Dilihat: 35

Sukoharjo, Jumat 12 Juni 2020 | Ketua Pengadilan Agama (PA) Sukoharjo beserta para Pimpinan PA Se Soloraya yang terdiri dari PA Sragen, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar dan Surakarta melakukan komitmen bersama berinovasi melayani masyarakat pencari keadilan berbasis digital di Kantor PA Wonogiri Jumat, 12 Juni 2020. Pada situasi pandemic ini, dimana peranan digitalisasi pelayanan sangat penting, memaksa seluruh elemen pelayanan instansi pemerintah berjalan berdasarkan layanan digital. Untuk hal tersebut dan sekaligus dalam rangka mendukung penuh program-program prioritas Dirjen Badilag MARI, seluruh jajaran Pimpinan PA Se Wilayah Soloraya berkomitmen membangun pelayanan publik pencari keadilan berbasis digital. Layanan digital ini berbentuk aplikasi yang dinamakan Layanan Digital Pengadilan Agama (LANDIPA) Soloraya. Layanan digital ini berisi beberapa menu menarik, diantaranya:

1.Informasiperadilan;

2.Antrian persidangan sesuai waktu yang diinginkan;

3. Cek validasi akta cerai;

4. Anjungan pembuatan gugatan mandiri;

5. Pendaftran e-court dan sidang e-litigasi;

6. Informasi ACO Badilag dan;

7. Siwas, aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawas MA RI.

Dengan aplikasi Landipa Soloraya ini dapat mempermudah masyarakat pencari keadilan. Setidaknya dengan hadirnya aplikasi ini masyarakat bisa lebih hemat waktu dan tentunya biaya mobilitas, dan kepastian pelayanan dengan demikian harapan misi peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan mudah tercapai. Aplikasi Landipa ini sudah tersedia di playstore dan adakan dikembangkanterus menerus untuk kesempuranaan pelayanan digital.

Link Download -- Klik Disini

Rapat Koordinasi Persiapan ZI Tahun 2020

05Juni

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 5 Juni 2020. Dilihat: 70

Sukoharjo – Jumát, 5 Juni 2020, Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB melaksanakan Rapat Bulanan Rutin Bulan Juni Tahun 2020 sekaligus Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Zona Integritas Pengadilan Agama Sukoharjo di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB. Rapat bulanan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Rapat bulanan ini dibuka oleh pimpinan rapat yakni Dr. Fauzi Ardi S.H, M.H. selaku Ketua Pengadilan Sukoharjo Kelas IB dengan didampingi para pimpinan Panitera Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB Hj. Farkhah, dan Sekretaris Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB Bapak Slamet Sutadi S.Ag Rapat dihadiri oleh Hakim, Panmud, Kasub, dan Staf Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB. Agenda rapat bulanan kali ini membahas tentang persiapan penilaian ZI serta penyampaian progress penilaian masing-masing area ZI , Rapat Koordinasi tersebut juga disampaikan temuan-temuan dari Ibu Panitera. Berikut hasil beberapa dokumentasi dari acara tersebut.

Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo

05Maret

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 5 Maret 2020. Dilihat: 10

-SUKOHARJO Kamis 5 Maret 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 10 Rajab 1441 Hijriah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, , Dr. H. Bahruddin Muhammad S.H. M.H. melantik Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H sebagai Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Acara pelantikan tersebut dilaksankan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan dihadiri oleh para Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Sebelumnya Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H. bertugas sebagai Wakil Ketua Di Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB. Sebelumnya posisi Ketua di Pengadilan Agama Sukoharjo kosong.

Pelantikan Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Di Ruang Aula PTA Semarang

Seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Sukoharjo mengucapkan selamat kepada Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H. semoga sukses dan diberi kelancaran serta amanah oleh Allah untuk melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB

Tahun 2019 Perceraian di PA sukoharjo Melonjak

03feb

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 15 Oktober 2020. Dilihat: 75

-SUKOHARJO Angka perceraian di Kabupaten Sukoharjo dalam tahun 2019 ini tergolong cukup tinggi. Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Sukoharjo tahun 2019 ini menerima 1.755 perkara meningkat di banding tahun 2018 yang menerima 1.595 perkara, saat ini di Indonesia angka perceraian meningkat,dan itu menjadi fenomena yang seakan-akan menjadi biasa. Mereka mengajukan perceraian karena pihak istri merasa terzolimi,kalau dari pihak pihak suami menganggap istri tidak melayani sebagaimana mestinya, dan yang paling menarik yakni adanya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), lalu dari permasalahan itu ikutlah persoalan-persoalan ekonomi. Selain itu juga persoalan psikologis yang mana mereka belum siap untuk memasuki jenjang rumah tangga menjadi salah satu faktor utama perceraian. . Tingkat penyelesaian perkara Pengadilan Agama Sukoharjo mencapai target 87 % perkara dari jumlah perkara yang diterima pada tahun berjalan sehingga target sisa perkara pada akhir tahun maksimal 10 % belum terpenuhi tapi dari tahun ke tahun menunjukkan progres yang terus meningkat tingkat penyelesaian perkaranya.

Tabel Jumlah Perkara Perkara Masuk dan Sisa Perkara

Tabel Jumlah Perkara dan Penyelesaian Perkara

PPL Universitas Muhammad Surakarta (UMS)

03Feb

-SUKOHARJO Pengadilan Agama Sukoharjo tanggal 03 februari 2020 kantor Pengadilan Agama (PA) sukoharjo kedatangan 20 orang dari Universitas Muhammadiyah Surakarta(UMS), tujuan mereka datang ke Kantor Pengadilan Agama (PA) sukoharjo untuk PPL di Pengadilan Agama Selama 2 minggu. Selama 14 hari mengikuti PPL, para mahasiswa mendapatkan banyak materi yang relatif berbeda dengan pelajaran yang mereka terima di tempat kuliah. Disini, mereka mendapatkan materi tentang bagaimana cara berperkara, proses berperkara menurut pola bindalmin, dan materi-materi lain yang berhubungan dengan pelaksanaan berperkara di Pengadilan Agama. Mereka juga banyak melakukan praktek dari membuat gugatan, bersidang, menyusun Berita Acara Persidangan, membuat Relaas Panggilan, membuat putusan hingga menganonimasi putusan. Para mahasiswa juga diperkenankan mengikuti persidangan pada waktu-waktu yang telah diatur. Ilham, salah satu peserta PPL mengaku merasa senang bisa mengikuti PPL di PA Sukoharjo. “Saya sempat penasaran apa saja yang ada dalam ruang sidang dan apa yang dikerjakan orang-orang saat bersidang, namun setelah mengikuti PPL disini sekarang saya sudah tahu sehingga rasa penasaran saya terjawab.” Mahasiswa asal Tangerang ini mengungkapkan kesannya terhadap para pegawai PA Sukoharjo, “Saya senang bisa magang disini, karena selain banyak ilmu, pegawainya juga ramah-ramah dan banyak senyum.”, ungkapnya.

Mahasiswa UMS mengikuti pengarahan dari Kasubag Kepegawaian

Penerimaan Tenaga PPNPN

25Jan

tes wawancara PNPN

-SUKOHARJO Pengadilan Agama Sukoharjo membuka lowongan kerja PPNPN, pendaftaran di buka tanggal 8-15 januari 2020, seleksi admin 16 januari 2020, dan pengumuman administrasi pada tanggal 17, serta beberapa tes yang di lakukan pada tanggal 20-23 januari 2020. hasil seleksi akan di umumkan di papan pengumuman Pengadilan Agama Sukoharjo atau di website resmi Pengadilan Agama Sukoharjo pada tanggal 24 januari 2020, dan hanya membutukan 1 orang untuk tenaga Satpam yang mempunyai skill dalam pengoperasian aplikasi berbasis Web

hasil pengumuman akhir PPNPN

Persiapan Pengadaan Posbakum

20Des

Pengadaan Posbakum

-SUKOHARJO Pengadilan Agama Sukoharjo mempersiapkan segala sesuatunya untuk pengadaan Posbakum Tahun Anggaran 2020, dimulai dari penunjukkan Pejabat Pengadaan sampai dengan Tim Uji Kompetensi Penyedia Jasanya.

Tempat Layanan Posbakum

Program Kerja PA Sukoharjo 2020

10Des

Program Kerja 2020

-SUKOHARJO Pengadilan Agama Sukoharjo akan menyusun Program Kerja 2020 , Program Kerja ini meliputi Bidang Teknis Yustisial/Pembinaan dan Pengawasan, Administrasi Kepaniteraan, Kesekretariatan, dan Lain – lain , Program yang akan dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sukoharjo pada tahun 2020 antara lain : 1. Meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris serta Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Staf. 2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Hakim, Pejabat Fungsional, Struktural dan Staf). 3. Meningkatkan sarana dan prasarana gedung kantor Pengadilan Agama Sukoharjo melalui DIPA Tahun 2020. 4. Meningkatkan kualitas website sebagai bagian dari judicial reform. 5. Peningkatan penyelesaian minutasi perkara demi terwujudnya peradilan yang cepat yaitu dengan memastikan kesiapan konsep putusan, berita acara sebelum putusan dibacakan ; 6. One day minutation. Langkah ini juga dilakukan agar prosentase SIPP Pengadilan Agama Sukoharjo pada Peta SIPP Mahkamah Agung bisa hijau yaitu diatas 90%. 7. Optimaliasi pelaksanaan sidang sesuai jadwal yang ditentukan untuk percepatan penyelesaian perkara,8. Dalam hal pengadaan sarana dan prasarana, skala prioritas pengadaan sarpras akan ditetapkan, Diantara yang utama dalah pengadaan Belanja Modal Genset.

Pengadaan Genset

PA Sukoharjo menerima Penghargaan dari KKPPN Surakarta

09Des

Penghargaan IKPA PA Sukoharjo dari KPPN Surakarta

-SUKOHARJO Pengadilan Agama Sukoharjo memperoleh piagam penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta. Pengadilan Agama Sukoharjo meraih peringkat pertama dalam penilaian kinerja pelaksanaan anggaran terbaik kriteria pagu di Rp. 5 s.d Rp10 miliar tahun anggaran 2019. Penghargaan diserahkan oleh Kepala KPPN Surakarta, Sugiarso pada Kuasa Pengguna Anggaran/Sekretaris Pengadilan Agama Sukoharjo, Slamet Sutadi S.Ag di Aula Kantor KPPN, Kamis (5/12). Penyerahan penghargaan sendiri diberikan saat kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020. Terkait penghargaan tersebut, Kuasa Pengguna Anggaran/Sekretaris Pengadilan Agama mengaku bangga terhadap kinerja jajarannya sehingga bisa mendapat penghargaan dari KPPN Surakarta. Kuasa Pengguna Anggaran/Sekretaris Pengadilan Agama mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut menjadi motivasi kinerja kedepan untuk minimal dipertahankan, atau bahkan ditingkatkan dengan maksimal dalam mengelola anggaran negara. Prestasi ini untuk seluruh jajaran ASN Pengadilan Agama Sukoharjo, utamanya TIM DIPA , semua melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya. Sedangkan Kepala KPPN Surakarta, Sugiarso mengatakan, penghargaan diberikan kepada sejumlah satuan kerja yang melakukan penyerapan anggaran DIPA Tahun Anggaran 2019 dengan baik di wilayah Surakarta, Sukoharjo dan Wonogiri. “Ada 12 indikator yang menjadi penilaian, di antaranya penyerapan bagus, jarang terjadi kesalahan penggunaan dan penggunaannya rutin,” jelasnya.

Piagam Penghargaan

Surveilan II APM Tahun 2019

07Nov

Surveilan II APM Tahun 2019

-SUKOHARJO. Kamis(7/11/2019),Tim Surveillance yang datang ke PA Sukoharjo yaitu dari Tim Surveilan PTA Semarang yang diketuai langsung oleh Bapak Panitera PTA Semarang , Tukiran S,H, M.M., mereka yang datang langsung mendatangi petugas layanan PTSP. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi pelayanan perkara di PTSP Pengadilan Agama Sukoharjo. Kemudian Tim asessor langsung meminta eviden pelaksanaan APM yang berjalan selama 2 tahun terakhir. Bidang yang diperiksa meliputi eviden 7 kriteria APM beserta implementasinya, Zona Integritas, manajemen layanan Publik dan PTSP serta Sarana dan Prasarana. Surveilance berjalan selama 2 hari dan berakhir pada tanggal 8 November 2019. Pada , Jumát 8 November 2019, Tim menyampaikan ekspose temuan-temuan dan memberikan arahan-arahan seputar peningkatan sistem akreditasi Penjaminan mutu, dan diakhiri dengan penandatanganan kontrak kinerja penyelesaian temuan APM hingga tanggal 1 bulan mendatang. Semoga temuan-temuan ini dapat segera diselesaikan sehingga PA Sukoharjo tetap dapat mempertahankan akreditasi A excellent nya.

Para Pegawai memperhatikan arahan Lead Assesor

PPL IAIN Surakarta di PA Sukoharjo

05Agustus

Penerimaan PPL IAIN Surakarta Angkatan I di Tahun 2019

-SUKOHARJO. Senin (12/08/2019), Pengadilan Agama Sukoharjo menerima mahasiswa fakultas Syariah IAIN Surakarta untuk menggelar PPL (Praktek Pengalaman Kerja). PPL merupakan praktik magang atau on the job training. PPL ini dilakukan selama satu bulan dengan tiga gelombang yakni gelombang 1, gelombang 2, dan gelombang 3 dengan mahasiswa yang berbeda setiap gelombangnya. Setiap gelombangnya terdiri dari 15 mahasiswa dan mahasiswi dari jurusan yang berbeda yaitu jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Syariah, dan hukum Pidana islam. Tujuan dari PPL ini tidak lain yaitu untuk meningkatkan kemampuan skill mahasiswa dalam sebuah bentuk upaya mengaplikasikan seluruh teori mahasiswa serta untuk mendapatkan pengalaman praktis aplikatif dan implementatif dalam rangka pengembangan ilmu yang dimiliki. Hadir sebagai perwakilan dari fakultas Bpk Junaidi, S.H., M.H. resmi menyerahkan mahasiswa kepada Pengadilan Agama Sukoharjo pada senin 05 agustus 2019. Dengan harapan terwujudnya tujuan dari kegiatan ini pengarahan dilakukan oleh Bpk Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H. sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

Para Mahasiswa memperhatikan dengan baik arahan dari Pembimbing

Komitmen dari mahasiswa untuk melaksanakan PPL dengan disiplin

Pembinaan Hakim Agung DR. Mukti Arto S.H, M.Hum

16Mei

Hakim Agung dan KPTA Semarang memberikan Pembinaan

Sebenarnya saya kesini, untuk napak tilas , Hakim Agung Mukti Arto mengawali, Maret 1976 gol II B, saat itu saya belum sarjana. Dahulu, Kantor PA Sukoharjo masih pinjam rumah orang, ukuran 2.5 x 4, berjalan sekitar tahun 70an, bilamana ada sidang , semua keluar dahulu, setelah selesai baru masuk. Thn 1977 ada proyek pembangunan Balai Sidang, tetapi tanpa tanah,dahulu level KUA dan PA sama, dan kondisi masih memprihatinkan, saya menghadap Bupati dan Alhamdulillah diberi tanah di selatan Masjid Agung Sukoharjo. Marilah kita syukuri apa yang diberikan kita, jangan sekali kali mengecewakan pimpinan, apalagi pimpinan MA , ingat kita ini anaknya MA, usahakan apapun bentuknya, lanjutnya.Beliau mencotohkan,ketika sidak KMA, foto KMA tidak dipasang, atau ketika peresmian prasasti tidak ada, bayangkan kita jd KMA, lasti kecewa, biasakan menghormati pimpinan agar pimpinan kita tidak kecewa.

Beliau menambahkan bahwa SIPP dan PTSP harus semakin baik dari hari ke hari, ada sedikit cerita pada saat Di Banyuwangi, pemberian sertifikat SAPM, 2015, Pak Dirjen Badilag ditegur kenapa tidur saja, mulailah SAPM itu kemudian Pengadilan Agama mulai bangkit. Kalo pimpinan lega, ridho...kita juga akan dimudahkan.

Pak Dirjen selalu memantau , baik via langsung Sidak ke PA - PA maupun lewat monitoring Kinerja SIPP bahkan via Teleconfrence untuk koordinasi.

Semoga Pengadilan Agama Sukoharjo makin baik kedepannya dan bertambah sukses, pungkas beliau mengakhiri pembinaannya.

Pelantikan Wakil Ketua DR. M. Fauzi Ardi, S.H, M.H

16Mei

Prosesi Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo

Tanggal 16 Mei 2019, merupakan salah satu hari bersejarah bagi Pengadilan Agama Sukoharjo, dikarenakan hari ini , Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. Kholis M.H melantik Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yang baru , mutasi dari Asisten Hakim Agung Mahkamah Agung RI

Prosesi pelantikan ini berjalan lancar, uniknya Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo melantik dihadapan Hakim Agung dan KPTA Semarang sebagai tamu undangan, hal ini menjadi kenangan tersendiri khususnya bagi Ketua PA Sukoharjo, umumnya bagi pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo.

Penyematan Pending oleh Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo

Pemberian Uacapan Selamat oleh Hakim Agung DR. Mukti Arto

Selamat kepada DR. M. Fauzi Ardi, S.H, M.H atas pelantikan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas 1 B Sukoharjo, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh amanah.

Foto Bersama Hakim Agung, Ketua, Wakil Ketua PA Sukoharjo, dan KPTA Semarang