www.pa-sukoharjo.go.id - Prosedur Berperkara

Bahwa Pengadilan Agama Sukoharjo untuk prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo berpedoman kepada SK MARI Nomor : KMA / 001 / SK /1991 Tg 24-01-1991 tentang Pola Bindalmin, yang dapat dikemukakan secara terperinci sebagai berikut :

Untuk perkara gugatan cerai :

  1. Penggugat / Wakilnya datang menghadap sendiri di PA, menghadap petugas Meja 1,bagi yang telah membawa surat gugatan diserahkan kepada petugas Meja 1, yang kemudian diteliti petugas Meja1 yang kemudian diproses melalui program SIADPA atas gugatan tersebut.
  2. Bagi yang belum membawa surat gugatan akan dibantu oleh petugas Meja 1 dalam pembuatan surat gugatan tersebut.
  3. Bagi para penggugat disarankan untuk membawa surat-surat bukti yang berkenaan dengan gugatannya seperti umpamanya buku nikah, KTP, dsb.
  4. Membayar biaya perkara sesuai dengan SK Ketua PA Sukoharjo .
  5. Bagi penggugat yang tidak bisa baca tulis gugatan diajukan secara lisan kepada Ketua Pengadilan Agama ( Petugas yang ditunjuk untuk itu ).
  6. Bagi orang yang tidak mampu membayar biaya perkara bias diajukan secara cuma-cuma ( Prodeo )

Untuk perkara permohonan, seperti umpanya pengesahan nikah, wali adlol, dispensasi   nikah, adopsi / pengesahan, penetapan ahli waris dll.

  1. Untuk pemohon yang telah membawa surat permohonan / belum prinsipnya sama prosedurnya dengan pengajuan gugatan.
  2. Bagi para pemohon juga disarankan untuk membawa alat-alat bukti sesuai dengan relevansinya surat permohonan tersebut.
  3. Untuk perkara permohonan prosedur membayar biaya perkara atau yang tidakmampu serta yang tidak bisa baca tulis prosedurnya sama dengan perkara gugatan.

Demikian prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo yang cukup sederhana dipahami dan bagi yang belum jelas untuk datang ke PA Sukoharjo.

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Dua pelancong hilang di Curug Nangga Banyumas
    Dua wisatawan dilaporkan hilang saat mandi di kolam bawah Curug Nangga, Desa Petahunan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan dugaan sementara keduanya tenggelam ke dasar kolam. Koordinator Badan Nasional Pencarian dan ...
  • Galeri kemenangan Jepang atas Kolombia
    Tim nasional Jepang berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1 dalam laga pembuka mereka di fase penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Mordovia Arena, Saransk, Rusia, Selasa. Dua pesepakbola yang merantau ke tanah ...
  • Salah masuk tim inti Mesir vs Rusia
    Penyerang tim Mesir Mohamed Salah masuk dalam daftar pemain inti untuk pertandingan kedua Grup A mereka melawan Rusia di St Petersburg, Selasa. Salah tidak bermain ketika Mesir dikalahkan 0-1 Uruguay dalam pertandingan ...

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat