www.pa-sukoharjo.go.id - Situs Resmi Pengadilan Agama Sukoharjo
Saling Berjabat Tangan Dalam Acara Halal Bi Halal Keluarga Besar PA Sukoharjo

Ibadah Ramadhan selama sebulan penuh telah dilalui, Takbir menyambut Idul Fitri 1436 H telah dikumandangkan, kini saatnya memperkuat pondasi persaudaraan dengan saling memaafkan.

Pengadilan Agama Sukoharjo menggelar Halal bi Halal sebagai rangkaian peringatan Hari Raya Idul Fitri 1436 H, yang diadakan pada Jumat (07/08) di RM. Anugrah Sukoharjo. Halal bi Halal dihadiri Ketua berserta isteri, Wakil Ketua berserta isteri, Hakim, pejabat struktura/fungsional, pegawai, dan keluarga besar Pengadilan Agama Sukoharjo.

Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. Asep Hidayat, SH., dalam sambutan Halal bi Halal menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Sukoharjo yang dipimpinnya sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama yang baik dari seluruh entitas Pengadilan Agama Sukoharjo selama ini. Terkhusus selama bulan Ramadhan. Ikrar Halal bi Halal juga telah disampaikan secara simbolis oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. Abdul Syukur AS. dan diterima oleh Pak Asep (sapaan akrab Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo).

Halal bi Halal yang digelar Pengadilan Agama Sukoharjo merupakan momentum bagi seluruh entitasnya untuk memperkuat pondasi persaudaraan dalam semangat memajukan instansi. Melalui Halal bi Halal ini, seluruh elemen Pengadilan Agama Sukoharjo melebur menjadi satu, merendahkan hati dan saling memaafkan setiap salah dan khilaf yang pernah ada.

Halal bi Halal yang digelar Pengadilan Agama Sukoharjo menghadirkan pembicara dari intern kantor, Ustad Drs. Makali (Hakim PA Sukoharjo) untuk menyampaikan Hikmah Halal bi Halal. Melalui ceramahnya, Drs. Makali mengingatkan pentingnya menjaga ukhuwah islamiyah tidak hanya kepada sesama muslim namun juga kepada sesama manusia pada umumnya.

Menjaga hubungan persaudaraan memiliki makna yang sangat luas, jika diterjemahkan ke dalam kehidupan sehari-hari dapat dimaknai sebagai perilaku yang menjaga perkataan dan perbuatan sehingga tidak menyakiti ataupun menyinggung perasaan orang lain. “Menjaga hubungan persaudaraan sangatlah penting, bukan hanya di lingkungan keluarga namun juga di lingkungan kerja, dan di manapun manusia berada,” papar Drs. Makali.

Hubungan persaudaraan yang terjaga dengan baik akan melahirkan ruang sosial yang nyaman bagi setiap orang yang berinteraksi didalamnya, tidak terkecuali di lingkungan kerja. Perasaan  nyaman berada di lingkungan kerja akan membuat pegawai merasa betah untuk berada di lingkungan kantor, dan lebih berkonsentrasi dalam menjalankan tugas dengan demikian target pencapaian yang telah ditetapkan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan acara pelepasan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. Agus Parwito, MH. Setelah kurang lebih 8 tahun di Pengadilan Agama Sukoharjo, Pak Agus kini telas alih tugas ke Pengadilan Agama Klaten sebagai Panitera Pengganti. Dalam kata-kata pamitannya Pak Agus mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Sukoharjo atas kerjasamanya selama beberapa tahun ini. Diakhir acara Halal bi halal dan pelepasan Drs. Agus Parwito, MH., seluruh undangan yang hadir saling berjabat tangan secara berurutan yang sebelumnya juga ditutup dengan bacaan doa yang dipimpin oleh Drs. Makali. Dan acara yang dipandegani Muh. Mursid, SH., selaku Ketua Panitia, selesai pukul 11.30 WIB.  (Rag)

Apel Senin 11 Mei 2015

 

Amanat Pembina Apel

Hari ini Senin, tanggal 11 Mei 2015, cuaca di sekitar Pengadilan Agama Sukoharjo tampak cerah sekali. Seperti biasanya rutinitas setiap awal pekan adalah mengadakan apel pagi sesuai dengan petunjuk dan perintah yang diamanahkan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Bertindak sebagai komandan apel adalah Bapak Ambang Cahyo Wibowo, SE., M. SI. Dan bertindak sebagai pembina apel adalah Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yaitu Bapak Drs. Asep Hidayat, SH.. Apel diikuti oleh seluruh pegawai  baik Hakim, PNS, dan juga Karyawan Karyawati Pengadilan Agama Sukoharjo tanpa terkecuali

Di kesempatan ini, Bapak Drs. Asep Hidayat, SH. dalam amanatnya menegaskan, bahwasanya dirasa penting bagi setiap Pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo untuk tidak sekedar tahu tapi juga paham bagaimana alur dan mekanisme beracara di Pengadilan Agama Sukoharjo. Hal ini dirasa perlu, seperti yang telah beliau sampaikan sebelumnya, agar seluruh aparatur Pengadilan Agama Sukoharjo bisa menjawab dan memberikan penjelasan seperlunya tentang mekanisme beracara di Pengadilan Agama Sukoharjo apabila ada para pihak yang bertanya tentang bagaimana cara atau mekanisme beracara di PA Sukoharjo. Tidak hanya itu Pak Asep (sapaan akrab Ketua PA Sukoharjo), juga menyampaikan beberapa poin penting lainnya. Diantaranya beliau juga menuntut kesiapan Pengadilan Agama Sukoharjo dalam segala situasi baik dalam memberikan pelayanan kepada para pihak pencari keadilan ataupun dalam menghadapi pengawasan dan pemeriksaan baik dari intern ataupun ekstern satker.


 

Pengadilan Agama Sukoharjo meraih penghargaan dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Surakarta sebagai Satuan Kerja Berprestasi, ini merupakan suatu suatu kebanggaan tersendiri dan kali ke 2 mendapatkan penghargaan tersebut , Penilaian penghargaan  tersebut berdasarkan 6 Kriteria , yaitu : Realisasi Penyerapan anggaran DIPA Tahun 2013, Tingkat presentase retur yang rendah,Tingkat Koreksi data SPM (Surat Perintah Membayar) yang rendah, Rekonsiliasi LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat) tepat waktu, Laporan Keuangan yang akurat,  Penyampaian LPJ (Laporan Pertanggungjawaban lengkap dan benar. Drs. Asep Hidayat , S.H. , Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, memberikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras para pegawai, khususnya pengelola keuangan, dan  tetap mempertahankan prestasi ini , serta tetap profesional , berintegritas, dan amanah dalam menjalankan tugas.


Kuasa Pengguna Anggaran PA Sukoharjo, Nur Hidayatus Sofyan, S.H ( tiga dari kiri)
 menerima penghargaan tersebut.

Dengan menggunakan internet, masyarakat sudah bisa mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Sukoharjo, Meski masih dalam taraf uji coba, fasilitas pendaftaran perkara secara online tersebut sudah tersedia di situs resmi PA Sukoharjo, . Di situ ada banner yang bila diklik akan menampilkan menu pendaftaran tanpa tatap muka. Langkah demi langkah untuk bisa beperkara secara online tersedia di situ. Demikian juga formulir pendaftaran. Selain itu, terdapat pula gugatan yang sudah terdaftar dan contoh format gugatan. Penggugat/Pemohon  mengisi formulir pendaftaran online. Data yang harus diisikan di formulir itu adalah tanggal daftar, biodata penggugat/pemohon, alamat lengkap penggungat/pemohon, biodata tergugat/termohon, alamat lengkap tergugat/termohon, dan lampiran surat gugatan beserta lampiran surat kuasa bila memakai kuasa hukum.Di antara data yang wajib diisi adalah alamat e-mail, di bagian biodata penggugat/pemohon, sebab setelah formulir itu terkirim secara otomatis ke e-mail admin, maka komunikasi selanjutnya dilakukan menggunakan surat elektronik.

Yang perlu diperhatikan masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas ini, berkas gugatan/permohonan harus diketik sendiri, ditandatangani, lalu dilampirkan dalam format Pdf., tak lupa syarat - syarat yang lain seperti KTP , surat pengantar Desa/Kelurahan, Buku Nikah yang dileges Pos, juga wajib dilampirkan,, Kemudian dijadikan satu file (bisa dengan format pdf, atau rar),dan di upload di formulir pendaftaran Untuk memudahkan masyarakat, PA Sukoharjo menyediakan contoh format gugatan/permohonan.

Pendaftaran perkara secara online hanya dilayani pada hari dan jam kerja. Bila pendaftaran dilakukan di luar hari kerja, maka pihak PA Sukoharjo akan memprosesnya pada hari kerja berikutnya. Di samping itu, pendaftar perkara secara online juga tidak diperkenankan mengubah-ubah gugatannya selagi menunggu persidangan. Perubahan gugatan hanya bisa dilakukan saat persidangan.

Setelah itu pihak admin mempelajari gugatan yang telah terkirim itu secara sekilas. Jika ada yang kurang tepat, maka pihak admin segera memberikan pemberitahuan. Misalnya, para pihak tinggal di luar wilayah Sukoharjo, maka admin menyarankan agar gugatan diajukan di PA yang berada di wilayah tersebut.

Jika admin menilai pengisian formulir gugatan sudah tepat, maka admin mem-print out gugatan tersebut dan menyerahkannya ke pegawai di Meja I untuk kemudian ditaksir panjar biaya perkaranya. Setelah itu, melalui e-mail, admin PA Sukoharjo memberi tahu calon pendaftar mengenai panjar biaya perkara yang harus dibayarkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Sukoharjo dengan dikirim beserta surat pengantar dari PA. Pembayaran itu dilakukan paling lambat lima hari kerja sejak diberitahukan jumlah panjar biaya perkara.

Bila setoran itu benar-benar telah masuk rekening, langkah yang dilakukan admin selanjutnya adalah menyerahkan print out bukti setoran bank tersebut ke Meja I, untuk dibuatkan SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar). SKUM tersebut sudah ditandatangani kasir. Setelah itu pegawai kasir memberikan nomor registrasi perkara.

“Setelah itu ada pemberitahuan secara otomatis melalui e-mail bahwa perkara telah terdaftar dan pihak penggugat/pemohon diminta datang ke pengadilan setelah dipanggil,” menjelaskan. Proses pendaftaran perkara secara online, dengan demikian, berhasil dilakukan.

Sebagaimana tertuang dalam prosedur pendaftaran perkara secara online, ketika datang ke PA Sukoharjo untuk menghadiri sidang perdana, pihak penggugat/pemohon diharuskan membawa berkas gugatan/permohonan asli sebanyak enam rangkap dan tanda bukti pembayaran asli dari pihak bank serta syarat-syarat lain seperti Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan (asli), KTP (asli) dan surat nkah yang dileges Pos. Dokumen-dokumen itu diserahkan kepada pegawai Meja I untuk divalidasi di kasir. Setelah itu, pendaftar menerima SKUM dari kasir.

Jika rangaian proses itu telah tuntas, maka proses persidangan lantas dilakukan sebagaimana biasa—tidak beda dengan persidangan perkara yang didaftarkan secara manual.


Formulir Pendaftaran Online PA Sukoharjo
Menindaklanjuti implementasi JDIH yang dilaksanakan oleh Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI tanggal 11 Februari 2015 di Pengadilan Tinggi Agama Semarang diikuti oleh Satuan Kerja Pengadilan Agama se-Jawa Tengah, Dilmil II-10, dan PTUN Semarang, Pengadilan Agama Sukoharjo langsung mengimplementasikan sesuai dengan arahan Mahkamah Agung. Tim yang diketuai oleh Ismail Jamil yang juga Kepala Urusan Kepegawaian Pengadilan Agama Sukoharjo bersama seluruh anggota Tim langsung bekerja mempersiapkan format JDIH Pengadilan  Agama Sukoharjo, dari mulai design web sampai kepada menu JDIH, atas persetujuan Panitera/Sekretaris Pengadilan  Agama Sukoharjo selaku penanggungjawab tim, hasilnya format JDIH Pengadilan  Agama Sukoharjo dapat dinikmati secara online melalui jdih.pa-sukoharjo.go.id


Situs Web JDIH Pengadilan Agama Sukoharjo

Kami tim redaksi JDIH PA Sukoharjo tetap meminta saran untuk peningkatan situs ini dan selamat menikmati (drnbsok).

Panggilan Qoib (Tidak Diketahui Alamatnya)

  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Who's Online

Kami memiliki 33 Tamu online

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini180
mod_vvisit_counterKemarin187
mod_vvisit_counterMinggu ini367
mod_vvisit_counterBulan ini4606
mod_vvisit_counterTotal480439

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Sriwijaya FC cukur PSIS 4-0
    Sriwijaya FC mencukur PSIS Semarang dengan skor telak 4-0 pada laga lanjutan GoJek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Selasa (22/5) malam. Tim tuan rumah Sriwijaya FC yang menurunkan sebelas pemain ...
  • Indonesia Kalahkan Thailand 4-1
    Indonesia akhirnya mencatat kemenangan 4-1 atas tuan rumah Thailand pada penyisihan grup B turnamen bulu tangkis Piala Thomas di Bangkok, Selasa, setelah pada partai terakhir Firman Abdul Kholik mengalahkan Pannawe Thongnuam ...
  • KPU : Surat suara Pilkada Kota Madiun siap
    KPU Kota Madiun menyatakan surat suara yang akan digunakan untuk keperluan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Madiun tahun 2018 telah siap dan selesai. "Alhamdulillah, surat suara untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil ...

Jajak Pendapat

Bagaimana pelayanan kami?
 

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat