logo mahkamah agung website ramah difable
Typography Berita Terkini

Kami akan menyajikan berita-berita terupdate tentang berbagai kegiatan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Rapat Tinjauan Manajemen Temuan APM 2020

27Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi pada 27 Oktober 2020. Dilihat:10

Selasa, 27 Oktober 2020 Pengadilan Agama Sukoharjo mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen menindaklanjuti hasil Temuan Assesor Eksternal pada Surveillance ke 3 Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 , dari temuan yang disampaikan Tim APM Badilag , semua temuan minor, namun begitu harus tetap ditindaklanjuti dan didokumentasi sehingga After Before nya bisa terlihat. Dari Ketua APM , Zarkasi S.H, Keterbukaan Informasi Publik harus ditingkatkan, Aplikasi PNBP Fungsional dioptimalkan, 5 R ditingkatkan, Prosedur Evakuasi Darurat perlu ditambah, decorum ruang sidang perlu ditambah APAR. Bagian terkait sanggup menindaklanjuti temuan-temuan tersebut sesegera mungkin.

Rapat Tinjauan Manajemen

Peserta Rapat Tinjauan Manajemen (Tim APM)

Pelantikan Panitera Muda Hukum

23Oktober

Dipublikasikan oleh Eko Yulianto pada 23 Oktober 2020. Dilihat:5

Jum’at, 23 Oktober 2020 Pengadilan Agama Sukoharjo melangsukan Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sasmito, S. H sebagai Panitera Muda Gugatan sekaligus Pengantar Alih Tugas H. Sahrowardi S.H sebagai Jurusita di Pengadilan Agama Karanganyar dan H. Wassalam S. H sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Surakarta. Acara tersebut dilantik langsung oleh Mursyid Syah S. Ag selaku wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo di ruang sidang I (satu) kantor Pengadilan Agama Sukoharjo. Prosesi acara tersebut dihadiri beberapa pegawai Pengadilan Agama Karanganyar serta seluruh pegawai struktural maupun fungsional Pengadilan Agama Sukoharjo. Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, lalu pembacaan doa oleh Hafidz Umami S.H.I kemudian dibacakan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama No. 1935/DJA/KP.04.6/SK/9/2020 tanggal 28 September 2020, oleh petugas pelantikan yaitu Anggit Yovita Cindy S.Sy. , kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh pejabat yang dilantik, dua orang saksi (Slamet Sutadi S.Ag dan Dra. Hj. Farkhah), dan Rohaniwan (Kuncoro S.H), terakhir pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang baru dilantik. Pelantikan tersebut merupakan bagian dari hasil rapat pimpinan Mahkamah Agung RI tentang Promosi dan mutasi Pejabat Kepaniteraan Peradilan Agama Tahun 2020 Meskipun dilaksanakan dengan sederhana, acara ini berlangsung cukup berkesan. Kegiatan ini digelar dengan tetap memperhatikan Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Covid-19.

Pelantikan Panitera Muda Hukum An. Sasmito, S.H

Surveilance III APM di PA Sukoharjo

22Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 22 Oktober 2020. Dilihat: 12

Rabu, 21 Oktober 2020 Tim Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) melakukan observasi (Surveillance ke III) di Pengadilan Agama Sukoharjo, hal-hal yang menjadi perhatian dalam observasi ini adalah bagaimana proses bisnis dan standar operasional prosedur serta budaya kerja di Pengadilan Agama Sukoharjo diterapkan secara sungguh-sungguh dan sesuai dengan standart yang ditetapkan. Tim Evaluasi yang terdiri dari Sekretaris PTA Semarang, Abdul Muthalip S.Ag , SH , Kabag Perencanaan dan Kepegawaian , Suparijanto Sigit SH , dan Panitera Pengganti H. Riyanto S.H ini memberikan apresiasi yang cukup baik dan harus dipertahankan. Pelayanan PTSP bagus, integritas bagus, mulai dari pintu masuk Petugas memberikan informasi yg lengkap, di meja 3 juga juga sudah memberikan keterangan yang baik, ujarnya. Kemudian di meja informasi salah satu anggota Tim evaluasi APM menyamar dengan menanyakan tata cara mengajukan perkara cerai di Pengadilan Agama Sukoharjo dan berupaya untuk menyuap petugas agar dihubungkan dengan pimpinan supaya perkara yang diajukan tidak usah melalui proses/prosedur sehingga langsung mendapatkan akta cerai/ salinan penetapan. Petugas sempat kaget namun dijelaskan dengan baik, dengan senyum salam sapa sopan santun bahwa di Pengadilan Agama Sukoharjo pengajuan pendaftaran perkara harus sesuai prosedur, melarang keras adanya penyuapan ataupun pungli , dan tidak dibenarkan para pihak bertemu dengan pimpinan Pengadilan. Di bagian Kepaniteraan salah satu anggota Tim Evaluasi mengecek kelengkapan berkas dan kesesuaian dengan SIPP , hasilnya juga memuaskan dan sesuai. Di Kesekretariatan , kebersihan menjadi acuan utama, setelah dilihat Tim dari depan sampai dengan belakang , tampak sudah bersih , harus dipertahankan, tidak hanya pas ada tim evaluator atau pengawasan reguler, tetapi jiwa kebersihan harus ada pada masing-masing pegawai, utamanya pada bagian yang merupakan tusinya. Hasil evaluasi lainnya untuk penyusunan eviden perlu ditata dengan menggunakan map dan dimasukkan plastik satu persatu, maksimal 1 plastik untuk 2 kertas ditata bolak balik. Dokumen Master wajib ada dan di evaluasi dengan mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen bilamana ada perubahan. Juga untuk peningkatan layanan diberi masukan oleh Tim Evaluator bila perlu ada layanan peminjaman jilbab dan sarung bagi pelanggan/pencari keadilan yang berpakaian kurang sopan..

APM Surveilance III

Tunjuk Muka Pegawai Mutasi dari PA Karanganyar

16Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 16 Oktober 2020. Dilihat: 10

Sasmito, S.H datang ke Pengadilan Agama Sukoharjo pada Jumat, 16 Oktober 2020, ia merupakan Panitera Muda Hukum dari Pengadilan Agama Karaganyar, berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Jenderal Peradilan Agama Mahkamah Agung RI , dipindahkan menjadi Panitera Muda Hukum di Pengadilan Agama Sukoharjo , Sasmito langsung menemui Wakil Ketua Pengadilan agama Sukoharjo , Mursid Syah S.Ag selaku pucuk pimpinan dari Pengadilan Agama Sukoharjo di ruangannya untuk melapor dan menanyakan kiranya apa saja yang perlu disiapkan dan kapan pelantikannya. Mursid Syah S.Ag belum bisa memberikan jawaban pasti dikarenakan Panmud Hukum PA Sukoharjo H. Wassalam, S.H baru dilantik Hari Senin , tanggal 19 Oktober 2020, Nanti akan diberi kabar lebih lanjut, tuturnya.

Lapor Pegawai Mutasi An. Sasmito S.H

Perkara Dispensasi Nikah Meningkat

15Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 15 Oktober 2020. Dilihat: 10

SUKOHARJO – Sampai dengan Triwulan Ke 3 Tahun 2020 ini, Pengadilan Agama (PA) Sukoharjo mencatat sebanyak 160 anak di bawah umur mengajukan permohonan dispensasi menikah. Mayoritas dari mereka sudah mengandung di luar nikah. Sehingga permohonan dispensasi menikah hampir dipastikan bisa dikabulkan.

Mengacu Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, baik laki-laki maupun perempuan yang belum berusia 19 tahun tidak bisa menikah.

Regulasi tersebut berbeda dengan sebelumnya yang mengizinkan perempuan dengan minimal usia 16 tahun dan laki-laki 19 tahun untuk menikah.

Panitera Muda Hukum PA Sukoharjo Wasalam menerangkan bahwa, pada Januari 2020 terdapat 26 orang mengajukan dispensasi perkawinan. Turun menjadi 19 orang pada Februari, dan Maret hanya 14 orang, Saat pelayanan PA Sukoharjo ditutup April lalu karena pandemi Covid-19, terdapat dua pemohon dispensasi menikah dan Mei enam pemohon. Pada Juni ada 27 Orang, Juli 27 Orang , Agustus 16 Orang, September 23 Orang, "Total dari Januari sampai September mencapi 160 pemohon (dispensasi menikah)," ucapnya.

Para Pihak Menunggu Sidang