Contoh Blangko Gugatan dan Permohonan

Typography Berita Terkini

Kami akan menyajikan berita-berita terupdate tentang berbagai kegiatan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

ASSESMENT SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU OLEH ASSESOR EKSTERNAL DI PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO

11November

Dipublikasikan oleh Tim IT 11 November

Sukoharjo -11 November 2021 dilaksanakan Assesment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) oleh Tim Assesor Eksternal Pengadilan Tinggi Agama Semarang di Pengadilan Agama Sukoharjo. Tim Assesor Eksternal dipimpin oleh bapak Sutris, S.H., M.H. selaku Lead Asessor serta serta Sri Ana Ridwanah, S.Ag., M.H., Diah Kusuma Haruningtyas, S.Kom., S.H., H. Zainal Abidin, S.Ag., M.H., Faisal Akbar, S.H sebagai Pendamping Assesor. Kedatangan Tim Assesor Eksternal ini disambut oleh segenap jajaran pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo.

Assesor Assesor

Metode penilaian yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan telusur dokumen. Tim Assesor langsung memulai observasi serta wawancara dengan melihat kondisi sarana dan prasarana yang ada di Pengadilan Agama Sukoharjo dari Pos Satpam, Halaman, ruang kerja pegawai sampai ruang pelayanan dan ruang sidang.

Setelah observasi dan dilanjutkan dengan telusur dokumen, pada sore harinya dilakukan Closing Meeting dan Expose hasil temuan dari Tim Assesor Eksternal yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pengadilan Agama Sukoharjo dan di hadiri seluruh pegawai.

Pengabdian Sang Penjaga Pintu Gerbang

11November

Dipublikasikan oleh Tim IT 11 November

Sukoharjo -Bertugas sebagai Satuan Pengamanan atau menjadi seorang Satpam itu merupakan suatu pengabdian. Satpam itu harus tegas, disiplin dan bertanggung jawab. Sudah selayaknya Satpam menjadi profesi yang sama dengan profesi lainnya. keberadaan Satpam bukan hanya menjadi petugas keamanan tapi harus memiliki tanggung jawab penuh. Oleh karena itu sudah sangat layak Satpam itu menjadi sebuah profesi yang sejajar dengan profesi lain.

Satpam

“Seperti saat ini, selain mengamankan jalannya persidangan dan mengamankan asset-asset berharga kantor juga harus memastikan kendaraan yang keluar masuk halaman tanpa terkecuali meskipun hujan panas tetap tugas menjaga keamanan dan ketertiban kendaran yang keluar masuk serta ketertiban di area kantor” berharap masa depan Satpam pengadilan agama sukoharjo akan lebih baik lagi

Kebanggaan Untuk PA Sukoharjo

04November

Dipublikasikan oleh Tim IT 04 November

Sukoharjo -Kamis, 04 November 2021, bertempat di Ruang mediasi Pengadilan Agama Sukoharjo, Bapak Maman Abdur Rahman, S.H.I., M.Hum., selaku Hakim Mediator sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Lagi-Lagi dan lagi Berhasil mendamaikan kedua belah pihak dalam perkara No 1216/Pdt.G/PA.Skh yang dimana pemohon berinisial (S) dan termohon berinisial (A)

Mediasi Berhasil

dimana yang menjadi sengketa adalah sebuah tanah dan bangunan, Alhamdulillah, atas nasehat yang diberikan oleh Mediator, Penggugat dan Tergugat tersentuh hatinya kemudian kembali berdamai. Keberhasilan mediasi ini patut diapresiasi, karena merupakan suatu prestasi kinerja oleh Hakim Mediator tersebut. Semoga kedepan semakin banyak mediasi yang berhasil dan terus berlanjut dalam mendamaikan para pihak yang bersengketa.

Rapat Terbatas PPNPN PA Sukoharjo

03November

Dipublikasikan oleh Tim IT 03 November

Sukoharjo -Rabu, 03 November 2021, bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Sukoharjo, kasubag Umum Pengadilan Agama Panyabungan menggelar Rapat Evaluasi Tenaga Kontrak PPNPN untuk Tahun 2021, guna meningkatkan Kualitas PPNPN di Pengadilan Agama Sukoharjo, Rapat ini dihadiri oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sukoharjo, serta para Kasubag Pengadilan Agama Sukoharjo. Dalam pelaksanaan rapat tersebut, disampaikan Tentang Kebersihan dan Pembagian tugas kerja PPNPN.

Serabi

SERABI Pengadilan Agama Sukoharjo

03November

Dipublikasikan oleh Tim IT 03 November

Sukoharjo -Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan setiap hari selasa dan rabu pagi pukul 08.00 WIB dilaksanakan giat Briefing Pagi Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan breafing seluruh warga Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB yang dipimpin oleh Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan, dan Panitera Muda Permohonan PA Sukoharjo.

Serabi

Pengadilan Agama Sukoharjo dalam menunjang peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, dengan memberikan pelayanan secara Service Excellent yaitu suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan.

Serabi

Briefing pagi ditutup dengan Yel-yel PTSP Pengadilan Agama Sukoharjo oleh Betta Gracia Sari, S.T. diikuti oleh seluruh peserta briefing pagi PTSP Pengadilan Agama Sukoharjo. Semoga setiap bentuk pelayanan kita terhadap masyarakat pencari keadilan bernilai ibadah yang membawa keberkahan bagi semua.

Serabi

Pengabdian terbaik dari Sang Jurusita..

21oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 21 Oktober

Mediasi Berhasil

Sukoharjo -Kamis, 21 Oktober 2021, Relaas di kaki bukit... Perjalanan singkat Jurusita Siang ini... Masih dalam wilayah hukum PA. Sukoharjo, tepatnya ujung selatan Kab Sukoharjo yaitu tepatnya Desa Kedungsono, kec Bulu, masuk radius 5 karena wilayahnya sebagian besar bukit bukit menjulang, bahkan di atas bukit ini ada 1 dusun yg di huni 15 Kk, akses untuk menuju tkp hrs jln kaki 3 KM atau putar balik melalui Kab Wonogiri dengan menggunakan kendaraan bermotor, بسم االله الرحمن الرحيــم tetap semangat untuk sebuah tugas yg mulia.

Lagi-Lagi Pengadilan Agama Sukoharjo Berhasil Mendamaikan Kedua Pihak

18oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 18 Oktober

Mediasi Berhasil

Sukoharjo -Senin, 18 Oktober 2021, kembali Hakim Mediator Pengadilan Agama Sukoharjo berhasil mendamaikan para pihak dalam perkara Cerai Talak. Untuk keberhasilan mediasi kali ini dilaksanakan oleh Maman Abdur Rahman, S.H.I., M.Hum., Hakim Mediator yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo.

Mediasi Berhasil

Keberhasilan mediasi ini merupakan suatu kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi Pengadilan Agama Sukoharjo, karena merupakan suatu prestasi kinerja yang gemilang oleh Hakim Mediator tersebut. Dimana dalam tahapan mediasi ini mediator dituntut semaksimal mungkin mengusahakan perdamaian dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh para pihak yang berperkara, Semoga dengan beberapa keberhasilan mediasi di tahun 2021 ini, diharapkan bisa menjadi motivasi dan menambah semangat para Hakim Mediator di sela padatnya pekerjaan, namun tetap mengupayakan pelaksanaan mediasi secara maksimal.

Mediator PA Skh Berhasil Mendamaikan Obyek Sengketa Dgn Aset Milyaran Rupiah

13oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 13 Oktober

Mediasi Berhasil

Sukoharjo -Rabu, 13 Oktober 2021 bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Sukoharjo telah dilangsungkan penandatangan kesepakatan Kedua Belah pihak dalam Perkara Harta Bersama dan yang terdaftar dengan nomor perkara 1178/Pdt.G/2021/PA.Skh di Pengadilan Agama Sukoharjo. Penandatanganan kesepakatan ini di saksikan oleh Kuasa Hukum Penggugat dan Tergugat serta Hakim Mediator Maman Abdur Rahman, S.H., M.Hum

Mediasi Berhasil

Keberhasilan dalam sebuah mediasi tergantung dengan seberapa piawainya seorang hakim mediator dalam memberikan nasehat dan saran kepada para pihak, sehingga para pihak bisa mempertimbangkan kembali keputusan yang akan mereka ambil selanjutnya. Alhamdulillah, mediasi untuk perkara 1178/Pdt.G/2021/PA.Skh berjalan dengan kondusif dan lancar serta berhasil meskipun hanya sebagian.

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PANITERA PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO

08oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 08 Oktober

Mediasi Berhasil

Sukoharjo -Pada hari Jum’at tanggal 08 Oktober 2021, para pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo menyambut datang nya warga baru Pengadilan Agama Sukoharjo yang menggantikan jabatan warga Pengadilan Agama Sukoharjo yang dipindahtugaskan ke satuan kerjanya yang baru. Berdasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia tentang Pengangkatan/ Pemindahan dalam Jabatan Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama, terdapat pegawai yang menduduki jabatan baru di Pengadilan Agama Sukoharjo, yaitu H. Tukino, S.H menggantikan Drs, Hj, Farkhah, S.H., M.E sebagai Panitera di Pengadilan Agama Sukoharjo

Mediasi Berhasil

Semoga pegawai yang baru bergabung dalam Pengadilan Agama Sukoharjo dapat bersama-sama mewujudkan Pengadilan Agama Sukoharjo sebagai peradilan yang agung.

Mediasi Berhasil

07oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 07 Oktober

Sukoharjo -, Kamis , 07 Oktober 2021, bertempat diruang mediasi Pengadilan Agama Sukoharjo, Hakim Mediator Pengadilan Agama Sukoharjo Mursyid Syah, S.Ag. berhasil memediasi para pihak dalam Perkara Cerai Gugat dengan Nomor Register : 1135/Pd.G/2021/PA.Skh antara Lilis Supriyatin, SE binti Parto Wiyono melawan Eko Hartanto SE. bin Hardono.

Mediasi Berhasil

Mediator menyampaikan bahwa keberhasilan dalam mediasi tersebut bisa terlaksana karena kesadaran Penggugat dan Tergugat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Dalam proses mediasi tersebut, hakim mediator telah mengupayakan dan memberikan nasehat, berusaha meyakinkan kepada para pihak untuk menyelesaikan perkaranya secara damai, dan memberikan pandangan terkait perceraian dan bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan rumah tangga. akhirnya tercapai kesepakatan untuk berdamai. Hasil kesepakatan kedua belah pihak untuk berdamai dan mempertahankan rumah tangga mereka kembali.

Mediasi Berhasil

Keberhasilan mediasi ini merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi beliau dan Pengadilan Agama Sukoharjo. Semoga untuk kedepannya banyak perkara-perkara yang berhasil didamaikan oleh para mediator, khususnya di wilayah Pengadilan Agama Sukoharjo.

Peringatan Kesaktian Pancasila

01oktober

Dipublikasikan oleh Tim IT 01 Oktober

Sukoharjo -Jumát 01 Oktober 2021,Upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2021 diatur secara khusus oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. Berikut ini pedoman penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021 dari Kemdikbud, baik di tingkat pusat, luar negeri, maupun daerah.

Kesaktian Pancasila

Upacara tersebut diikuti oleh beberapa hakim pejabat fungsional maupun struktural, Pengadilan Agama Sukoharjo mengikuti upacara tersebut secara daring melalui channel youtube kemendikbud di ruangan media center Pengadilan Agama Sukoharjo

Rapat Persiapan Surveilance APM Pengadilan Agama Sukoharjo

27September

Dipublikasikan oleh Tim IT 27 September

Sukoharjo -Senin 27 September 2021, Sekitar pukul 14.00 Wib seluruh aparatur Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan rapat koordinasi persiapan Surveilance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) bertempat di ruang Ruang Rapat Pengadilan Agama Sukoharjo.

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Maman Abdur Rahman, S.Hi., M.Hum dengan menjelaskan agenda rapat tentang pembahasan Persiapan menghadapi Surveillance APM.

Dari hasil rapat persiapan tersebut didapatin bahwa dokumen Asesmen Pengadilan Agama Sukoharjo sudah hampir keseluruhan terkumpul di pengendali dokumen hanya tinggal penyempurnaan sedikit lagi.

Rakor Sragen

Akhir kata Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo menyampaikan kepada seluruh Hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Sukoharjo untuk berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan nilai yang memuaskan saat Akreditasi Penjamin Mutu dan semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Rakor PA se-Soloraya

27September

Dipublikasikan oleh Tim IT 27 September

Sukoharjo -Rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh koordinator Pengadilan Agama se-Solo Raya pada hari ini Senin Tanggal 21 September 2021 bertempat di Pengadilan Agama Sragen. Kegiatan ini biasa dilaksanakan satu bulan sekali dengan bergiliran di kantor PA sebagai tuan rumah. Kordinator se-Solo Raya terdiri dari Ketua, Panitera dan Sekretaris dari PA Surakarta, PA Karanganyar, PA Sragen, PA Sukoharjo, PA Wonogiri, PA Klaten dan PA Boyolali. Agenda rapat kali ini adalah membahas tupoksi Pengadilan Agama se-Soloraya

Rakor Sragen rakor Sragen
 

Rapat Dinas Dan Pembinaan

24September

Dipublikasikan oleh Tim IT 24 September

Sukoharjo -Rabu 11-04-2018, warga Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan kegiatan rapat dinas dan sekaligus pembinaan oleh para Pimpinan Pengadilan Agama Sukoharjo.

descente

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sukoharjo, Acara rapat dinas dan sekaligus pembinaan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo.

descente
 

Pengadilan Agama sukoharjo Melakukan Pemeriksaan Setempat (Descente)

24September

Dipublikasikan oleh Tim IT 24 September

Sukoharjo -24 September 2021 ~ Pengadilan Agama Sukoharjo mengadakan sidang Pemeriksaan Setempat (Descente) di wilayah hukum Pengadilan Agama Sukoharjo. Pemeriksaan Setempat ini bertempat di Demakan, Mojolaban, Sukoharjo. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat tersebut, berjalan sesuai dengan ketentuan Pasal 180 R.Bg.

descente

Pemeriksaan Setempat atau descente ialah pemeriksaan mengenai perkara oleh Hakim karena jabatannya yang dilakukan di luar gedung tempat kedudukan pengadilan, agar Hakim dapat melihat sendiri memperoleh gambaran atau keterangan yang memberi kepastian tentang peristiwa-peristiwa yang menjadi sengketa.

descente
 

Pemeriksaan Setempat dilakukan terhadap Tanah bangunan serta 1buah motor vario. Setelah melakukan berbagai persiapan, pada pukul 10.00 WIB, Pemeriksaan Setempat dilaksanakan dengan Tim yang terdiri dari Ketua Majelis Hakim ibu Dra. Hj Muhlisoh, M.H serta 2 Hakim Anggota yaitu bapak M.Zarkasi Ahmadi, S.H. dan bapak Acep Sugiri, S.Ag., M.Ag dibantu oleh Panitera Pengganti bapak Sasmito, S.H Tim langsung melakukan pengukuran tanah beserta rumah yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas tanah yang sebenarnya dan mengecek batas-batasnya. Meskipun pemeriksaan setempat bukan alat bukti sebagaimana Pasal 164 HIR, tetapi oleh karena tujuannya agar hakim memperoleh kepastian peristiwa yang disengketakan, maka fungsi pemeriksaan setempat hakekatnya adalah sebagai alat bukti. Kekuatan pembuktiannya sendiri diserahkan kepada hakim. Setelah berlangsung dengan aman dan tertib selama lebih kurang 2 jam dan dirasa cukup, maka Majelis Hakim menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu.

Bincang Virtual PPNPN

08September

Dipublikasikan oleh Tim IT 08 September

Sukoharjo -Segenap Perwakilan dari tenaga PPNPN Pengadilan Agama Sukoharjo mengikuti dan menyaksikan Acara Bincang Virtual dengan Unsur Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari Rabu / 8 September 2021 yang diselenggarakan secara daring dan di lanjutkan dengan Pengukuhan Pengurus Ikatan Pegawai Honorer (IKPH) Mahkamah Agung RI Wilayah Jawa Tengah yang dikukuhkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bp.Drs.H.M.Alwi Mallo,M.H.

bincang virtual bincang virtual bincang virtual

Upacara Peringatan HUT MARI ke 76

19agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 19 Agustus

Sukoharjo -Menindaklanjuti surat Sekretaris Mahkamah Agung (SEKMA) Nomor: 1739/SEK/HM.01.2/8/2021 pada 18 Agustus 2021 tentang "Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung" yang ke 76 pada hari Kamis, 19 Agsutus 2021, bersamaan dengan surat tersebut MA menyampaikan, HUT MA-RI Tahun 2021 yang ke-76 bertajuk “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan Melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi pada masa Pandemi”.

Upacara Virtual

Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan Upacara HUT ke-76 Mahkamah Agung RI Secara Virtual melalui aplikasi ZOOM MEETING yang dilaksanakan di ruang media center Pengadilan Agama Sukoharjo. Upacara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Seketraris, Panitera dan beberapa perwakilan karyawan struktural dan fungsional.

Hadiri Pencanangan Zona Integritas Pengadilan Negeri Sukoharjo

13agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 13 Agustus

Sukoharjo -Bpk Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB,Bpk.Mursyid S.Ag,menghadiri undangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di ruang pertemuan Pengadilan Negeri Sukoharjo,Jumat 13 Agustus 2021.

Pencannagan Zi
pencanangan ZI

Dalam acara tersebut juga di hadiri oleh beberapa jajaran atau perwakil diantaranya dari pihak kepolisian resor Sukoharjo, Dinas Perhubungan, Kodim, Serta beberapa karyawan dari Pemerintah Daerah Sukoharjo

PA. Sukoharjo Kembali Berhasil Mendamaikan Sengketa Harta Bersama

13agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 13 Agustus

Sukoharjo -Mediasi merupakan salah satu proses penyelesaian sengketa yang lebih cepat dan murah, serta dapat memberikan akses yang lebih besar kepada para pihak menemukan penyelesaian yang memuaskan dan memenuhi rasa keadilan. Pada Kamis, 12 Agustus 2021, bertempat di ruang mediasi Pengadilan Agama Sukoharjo, Hakim Mediator Pengadilan Agama Sukoharjo berhasil mendamaikan para pihak dalam perkara Gugatan Harta Bersama dengan Nomor Register Perkara 745/Pdt.G/2021/PA.Skh. Adapun Hakim Mediator yang menangani mediasi perkara perceraian yaitu Hakim yang sekaligus Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Maman Abdur Rahman, S.H.I.,M.Hum.

Hasil Mediasi

Mediasi tersebut dihadiri oleh kedua belah pihak yang berperkara. Pada saat berjalannya proses mediasi tersebut Hakim Mediator melakukan upaya mediasi secara maksimal dengan menerapkan tahapan-tahapan proses mediasi sesuai ketentuan PERMA No. 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan. Hakim Mediator mengupayakan semaksimal mungkin dengan cara memberi nasihat dan pengertian kepada kedua belah pihak tentang manfaat mediasi yang pada akhirnya menemui keberhasilan.

Keberhasilan ini merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa bagi Hakim Mediator yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Maman Abdur Rahman, S.H.I., M.Hum khususnya dan Hakim mediator yang bertugas pada Pengadilan Agama Sukoharjo pada umumnya sehingga hal ini dapat membuktikan bahwa Hakim Mediator di Lingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo sangat terampil dalam melaksanakan tupoksinya.

Sukoharjo pada umumnya sehingga hal ini dapat membuktikan bahwa Hakim Mediator di Lingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo sangat terampil dalam melaksanakan tupoksinya

PERSIAPAN PEMANTAPAN ZI PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO

10agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 10 Agustus

Sukoharjo -Selasa,10 Agustus 2021.bertempat diruang Wakil Ketua PA.Sukoharjo.Bpk.Maman Abdur Rahman S.H.I.,M.Hum,diadakan rapat terbatas guna Persiapan Persentasi Ketua Koordinator ZI dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Hasil Mediasi

rapat persiapan presentasi ini sudah beberapa hari ini dilakukan perbaikan dan dilakukan check and recheck oleh Ketua dan Sekretaris Area serta Tim Pembangunan ZI PA Sukoharjo, Rapat terbatas di dihadiri para masing-masing Koordinator 6 Area dan Agen Perubah

PENDAMPINGAN ZI MENUJU WBK DAN WBBM

06agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 06 Agustus

Sukoharjo -Bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB, pada Hari Jum’at, 06 Agustus 2021, Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo bersama wakil ketua, serta para koordinator per area mengikuti kegiatan pendampingan pelaksanaan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dan persiapan penilaian oleh KemenPANRB melalui video conference zoom meeting.

Persiapan swab
Persiapan swab

SWAB ANTIGEN WARGA PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO

06agustus

Dipublikasikan oleh Tim IT 06 Agustus

Sukoharjo -Jumat pagi sekitar pukul 09.00 WIB Aparatur Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB berkumpul di Lobi depan pintu masuk utama Pengadilan Agama Sukoharjo. Tampak Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB bapak Mursyid Syah, S.Ag mengikuti kegiatan Pemeriksaan Swab Antigen bersama Wakil Ketua, Para Pejabat Strukutral/Fungsional dan Pelaksana/Honorer Pengadilan Agama Sukoharjo.

Persiapan swab

Alkhamdulilah untuk swab kali ini para pegawai baik dari Ketua, Wakil, Hakim, Pejabat fungsinal serta pejabat struktural dan PPNPN Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB dinyatakan NEGATIF

Persiapan swab

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA SKOHARJO

28Juli

Dipublikasikan oleh Tim IT 28 Juli 2021

Sukoharjo -Rabu, 28 Juli 2020 pukul 13.30 WIB bertempat di Media Center Pengadilan Agama Sukoharjo. Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Mursyid Syah, S.Ag melantik Maman Abdur Rahman, S.H.I., M.Hum Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yang semula menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Lebong Kelas II acara pelantikan tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi ZOOM MEETING.

Acara Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan acara yang diawali dengan Pembukaan oleh pembawa acara yaitu sdri. Anggit Yovita Cindy, S.Sy, Pembacaan Do’a oleh Hafidz Umami, S.H.I, kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PA Sukoharjo oleh Ketua PA Sukoharjo, seterusnya Pembacaan serta penandatanganan Fakta Integritas.

foto pelantikan
Fotobersama
serahterima

Setelah rangkaian acara pelantikan selesai dilanjutkan dengan ucapan selamat dari seluruh Pegawai, kemudian ditutup dengan bacaan Hamdalah

KETUA PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO YANG BARU RESMI DILANTIK

13Juli

Dipublikasikan oleh Tim IT 13 Juli 2021

Sukoharjo -Selasa, 13 Juli 2021 bertempat di Media Center Pengadilan Agama Sukoharjo,Bapak Mursyid Syah, S.Ag. resmi dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yang baru secara virtual melalui aplikasi ZOOM, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahakamah Agung Nomor 127/KMA/SK/VI/2021 tanggal 22 Juni 2021 tentang Promosi dan Mutasi Hakim Tinggi, Ketua, Wakil Ketua dan Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang yaitu bapak Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahakamah Agung.

foto pelantikan
Fotobersama

Mursyid Syah, S.Ag yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo mendapatkan promosi sebagai Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, menggantikan Drs. Yenisuryadi, M.H yang mutasi sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjung Pinang Kelas IA.

serahterima

PELAKSANAAN SWAB TEST COVID 19 PENGADILAN AGAMA SUKOHARJO

22Juni

Dipublikasikan oleh Tim IT Juni 2021

Sukoharjo -Selasa 22 Juni 2021, Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB melakukan tes swab antigen Covid-19 kepada segenap unsur pimpinan, pegawai, hingga PPNPN. Kegiatan ini dilakukan halalm Lobby Pengadilan Agama Sukoharjo , sekitar pukul 09.00 WIB. Pada swab tes antigen kali ini petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo datang ke Gedung Pengadilan Agama Sukoharjo, .

Tes Swab Antigen kali ini petugas medis menggunakan metode pemeriksaan dengan mengambil sampel apus di hidung. Pemeriksaan ini sejalan dengan komitmen seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo dalam pelaksanaan protokol penanganan pemutus rantai penyebaran virus covid-19 dan juga bertujuan untuk mendeteksi dan secara khusus memastikan ada tidaknya pegawai yang terjangkit virus tersebut di lingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo sehingga bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin karena kita tidak pernah tahu siapa saja yang telah tertular.

Ketika hasil diumumkan diketahui bahwa segenap pimpinan dan pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo dinyatakan NON REAKTIF. Tentu saja hal tersebut merupakan hasil yang diharapkan oleh semua pihak, dimana hasil tersebut telah mencerminkan keberhasilan PA Jakarta Barat dalam menjalankan protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah dalam penanganan virus Covid-19

Pengawasan Reguler Tahap I PTA Semarang ke PA Sukoharjo

16Juni

Dipublikasikan oleh Tim IT 16 Juni 2021

Sukoharjo – Rabu(16/06/2021) Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. A.Agus Bahauddin, M.Hum, beserta Rombongan yang terdiri dari Hakim Tinggi Drs. H. Hasanuddin, S.H., M.H. bersama Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H.Zamzami, M.S.I serta Kasubag Rencana Progam dan Anggaran Widodo Arif Wicaksono, S.Kom., S.H melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan ke Pengadilan Agama Sukoharjo selama 2 hari terhitung dari Selasa (15/06/2021) sampai Rabu (16/06/2021).

Agenda ini merupakan salah satu Agenda kerja Pengadilan Tinggi Agama Semarang untuk melakukan pengawasan dan pembinaan yang meliputi Manajemen Peradilan & Pelayanan Publik, Administrasi Perkara dan Kesekretariaatan.

Fotobersama

Ekspos Pengawasan dan Pembinaan mendapat beberapa temuan yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan Kinerja seluruh Hakim,Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo.

Kerja Bakti Jum'at Bersih

11Juni

Dipublikasikan oleh Tim IT 11 Juni 2021

Jumat, 11 Juni 2021. Segenap unsur Pengadilan Agama Sukoharjo bergotong royong dalam agenda jumat bersih. Kerja bakti ini memang diagendakan tiap dua minggu sekali pada hari jumat pagi.

Kerja bakti ini diikuti mulai dari unsur pimpinan, para hakim, pejabat struktural fungsional, staf kepaniteraan dan kesekretariatan, pegawai honorer, petugas keamanan di Pengadilan Agama Sukoharjo

kerjabaktikerjabakti

Kerja bakti bersama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB. Dalam kerja bakti ini semua sudut kantor dibersihkan dan dirapikan terutama titik-titik yang menjadi sorotan para pihak berperkara sera para tamu yang datang ke Pengadilan Agama sukoharjo seperti halaman depan, taman, ruang resepsionis, kamar mandi, ruang tunggu, mushola dan seluruh sudut-sudut dalam lingkungan kantor

Dalam hal ini, pimpinan Pengadilan Agama Sukoharjo mendukung penuh kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini akan terus rutin dilakukan untuk kedepannya.

Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Jabatan

31Mei

Dipublikasikan oleh Tim IT 31 Mei 2021

Sukoharjo – Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan acara Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Muda Permohonan dan Pelantikan Jabatan Panitera Pengganti. Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Pengadilan Agama Sukoharjo pada hari Senin (31/05/2021) yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan segenap pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid19 secara ketat.

Acara pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Bapak Drs. Yenisuryadi., M.H. yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan hymne Mahkamah Agung.

Pejabat yang dilantik dan disumpah adalah Kuncoro Bayu Aji, S.E., S.H mendapat Promosi dari Panitera Pengganti PA.Sukoharjo Kelas IB menjadi Penitera Muda Permohonan PA.Sukoharjo Kelas IB, dan Pejabat yang di lantik dan dimutasi atas nama Danang Prasetyo Nugroho, S.Sy.,yang sebelumnya merupakan Panitera Pengganti PA.Ponorogo Kelas IB

Acara ditutup dengan doa dan foto bersama. Selamat dan sukses kepada pejabat yang telah dilantik.

Pengantar Alih Tugas

28Mei

Dipublikasikan oleh Tim IT 28 Mei 2021

Jum'at, 28 mei 2021 bertempat di ruang Tunggu Sidang Pengadilan Agama Sukoharjo diselenggarakan acara pengantar alih tugas Hakim (Sutikno, S.Ag., M.H) beralih tugas menjadi Ketua di Pengadilan Agama Tondano Kelas II, Sekretaris (Slamet Sutadi, S.Ag) beralih tugas menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Purwokerto kelas IA , Kasubag Kepegawaian (Evi Komalasari) beralih tugas menjadi Kasubag Kepegawaian Pengadilan Agama Wonogiri Kelas IB, Kasubag Pelaporan dan IT (Adhi Kurniawan, S.Kom) beralih tugas menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Magelang Kelas IIB, Kasubag Umum dan Keuangan (Ambang Cahyo Wibowo, S.E., M.Si) beralih tugas menjadi Kasubag umum dan keuangan Pengadilan Agama Surakarta Kelas IA, Panitera Muda Permohonan (Umi Basyiroh, S.Ag.) beralih tugas menjadi Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Surakarta Kelas IA, Panitera Pengganti (Harmiati, S.H) beralih tugas menjadi Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Wonogiri Kelas IB ,.

Acara ini disaksikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo beserta Hakim, Panitera, Sekretaris, beserta segenap karyawan/i Pengadilan Agama Sukoharjo

Tujuan Acara Pengatar Alih Tugas ini sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan, persahabatan dan rasa kekeluargaan di lingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo serta untuk mengantarkan bapak Sutikno, S.Ag., M.H, bapak Slamet Sutadi, S.Ag., Bapak Ambang Cahyo Wibowo, S.E., M.Si., bapak Adhi Kurniawan, S.Kom., ibu Evi Komalasari, ibu Umi Basyiroh, S.Ag., ibu Harmiati, S.H yang dialih tugaskan ketempat yang baru.


Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata, pemberian ucapan selamat, dan foto bersama.

Evaluasi Serta Monitoring 11 Aplikasi Inovasi Badilag

23April

Dipublikasikan oleh Tim IT 23 April 2021

Jum’at 23 April 2021, Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang yaitu H. MA’SUM UMAR, S.H., M.H beserta rombongan datang ke Pengadilan Agama Sukoharjo, maksud dan tujuan mereka

Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Sukoharjo. Tujuan di adakannya aplikasi ini guna memudahkan masyarakat dalam hal mengakses informasi serta kebutuhan yang diperlukan dalam proses berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo,

Peringatan Hari Kartini Dilingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo

21April

Dipublikasikan oleh Tim IT 21 April 2021

Rabu, 21 April 2021, Hari Kartini adalah hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini (RA Kartini) pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 di peringati oleh seluruh bangsa Indonesia. Tujuan peringatan Hari kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender. Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964 yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Dalam rangka peringatan hari Kartini atau Kartini tahun 2021, dan sebagai wujud kebanggan, serta penghormatan terhadap Raden Ajeng Kartini, Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kartini pada hari Rabu, 21 April 2021 dengan mewajibkan semua Hakim, Pegawai dan Karyawan Honrer yang perempuan untuk memakai Pakaian Kebaya serta untuk pelaksanaan Hari Kartini Pengadilan Agama Sukoharjo dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Sukoharjo.

Pembinaan Teknis dan Administrasi

09April

Dipublikasikan oleh Tim IT 09 April 2021

Jum’at 9 April 2021, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Seketaris serta para Hakim Pengadilan Agama Sukoharjo mengikuti pembinaan TEKNIS DAN ADMINISTRASI YUDISIAL KAMAR DAGANG Melalui ZOOM meeting yang di selenggaran oleh Dr. Drs. H Amran Suadi ., S.H., M.H., M.M selaku Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia

Dalam pembinaan Dr. Drs. H Amran Suadi ., S.H., M.H., M.M tersebut disampaikan beberapa isu dan permasalahan diantaranya :

  1. Peran Pengadilan Agama dalam menekan angka perceraian.
  2. Upaya Pengadilan Agama menekan angka Perkawinan Anak dalam perkara Dispensasi Kawin
  3. Waktu penyelesaian perkara

ZOOM meeting dilaksanakan di ruang Media Center Pengadilan Agama Sukoharjo dari jam 09.00 sd 15.00 wib

Pemilihan Agen perubahan

26Maret

Dipublikasikan oleh Tim IT 26 Maret 2021

Jum'at, 26 Maret 2021 Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB menggelar Pemilihan Agen Perubahan yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sukoharjo. adakan rapat tinjauan manajemen. Acara tersebut dilaksanakan diruang sidang 1 ini dimulai pukul 14.00 WIB sd selesai dilanjutkan dengan Rapat Pembinaan.

Pemilihan ini dibagi 3 unsur, : Hakim, Kepaniteraan, dan Kesekretariatan. Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta rapat diberi formulir pemilihan untuk selanjutnya menulis pegawai yang dipilih dari masing-masing sektor menjadi agen perubahan di Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB tahun 2021. Pemilihan Agen Perubahan merupkan salah satu Program Kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Sukoharjo Manajemen Perubahan Sub Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja

Hasilnya terpilih Tiga Nama Agen Perubahan Pengadilan Agama Sukoharjo Tahun 2021, yakni :

  1. M. Zarkasi Ahmadi, S.H (Hakim Madya Pratama )
  2. Anis Fuuadah, S.H ( Kepala Sub. Bagian Umum dan Keuangan )
  3. Ricky A. Gusranto, A.Md (Juru Sita ).

hasil pemilihan agen perubahan Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB

Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB menjelaskan pemilihan ini dilakukan dengan objektif melibatkan seluruh pegawai mengingat tanggungjawab dari Agen perubahan ini begitu besar dan bukan sekedar pelengkap ZI.

Peran agen perubahan Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Katalis yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di Pengadilan Agama Sukoharjo masing-masing tentang pentingnya perubahan Pengadilan Agama Sukoharjo menuju kearah yang lebih baik.

  2. Sebagai Penggerak Perubahan yang bertugas mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju ke arah Pengadilan Agama Sukoharjo menuju kearah yang lebih baik

  3. Sebagai Pemberi solusi yang bertugas memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan di Pengadilan Agama Sukoharjo yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan Pengadilan Agama Sukoharjo menuju Pengadilan Agama Sukoharjo yang lebih baik

  4. Sebagai Mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam penerapan Zona Integritas/ Reformasi Birokrasi menuju WBK dan WBBM dilingkungan Pengadilan Agama Sukoharjo terkait dalam proses perubahan

  5. Sebagai Penghubung yang bertugas menghubungkan komunikasi dua arah antara pegawai di Pengadilan Agama Sukoharjo dengan para pengambil keputusan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo kelas IB, Drs.Yenisuryadi, M.H menyampaikan bahwa Ada perbedaan antara role model dengan agen perubahan yang ada di Pembangunan ZI menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dan beliau berharap semua apparat memilih secara objektif. Pengadilan Agama Sukoharjo berkomitmen untuk bekerja maksimal dalam melayani masyarakat pencari keadilan dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan.

Rapat berjalan lancar dan selesai pada pukul 16.00 WIB diakhiri dengan penyerahan piagam agen perubahan kepada Agen perubahan terpilih

Rapat Koordinasi dan Pembinaan Zi

24Maret

Dipublikasikan oleh Tim IT 24 Maret 2021

Pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 pk 13.30 sd 16.00 WIB bertempat di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Sukoharjo Kelas IB telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan. Rapat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Bapak Yenisuryadi. M.H diikuti, Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional serta seluruh staff maupun honorer

Rapat diadakan dengan protocol ketat pencegahan covid 19, dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Ketua menghimbau kepada seluruh pegawai agar meningkatkan etos kerja demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kaitannya dengan status WBK, Ketua menyampaikan bahwa meskipun pada tahun 2020 yang lalu, Pengadilan Agama Sukoharjo belum mendapatkan predikat Zona Integritas WBK dari Menpan RB, namun tidak menyulutkan semangat untuk terus melayani sepenuh hati kepada masyarakat pencari keadilan

Rapat dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo

Pada kesempatan tersebut juga diadakan pemilihan agen perubahan dari unsur Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan

Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo juga menginstrusikan agar seluruh jajaran aparat Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan dan berpedoman dengan kode Etik dalam menjalankan tugasnya

Rapat ditutup dengan doa bersama.

Pembukaan Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021

8Feb

Dipublikasikan oleh Tim IT 02 Maret 2021. Dilihat:12

Selasa, 02 Maret 2021, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sukoharjo mengikuti acara Pembukaan Rakor Ditjen Badilag 2021

Sambutan KMA

Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris

Apel Pagi dan Perkenalan CPNS PA Sukoharjo

8Feb

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 8 Februari 2021. Dilihat:12

Senin, 8 Februari 2021, Pengadilan Agama Sukoharjo mendapat CPNS Baru Atas Nama Diva Michelia dan Nindia Viva

Penyerahan SK CPNS Baru

Perkenalan CPNS Baru

MOU dan Penandatanganan Kontrak Posbakum TA 2021

4Januari

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 4 Januari 2021. Dilihat:10

Senin, 4 Januari 2021, Pengadilan Agama Sukoharjo telah melaksanakan Pengadaan Posbakum untuk TA 2021. Yang menjadi Penyedia Jasa resmi ditunjuk melalui Pengadaan Langsung dengan Uji Kompetensi dan Wawancara untuk Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Konsultansi Pos Bantuan Hukum Pada Pengadilan Agama Sukoharjo Tahun 2021, adalah Majelis Hukum dan HAM Äisyiyah Wilayah Jawa Tengah , dengan harga pekerjaan/kontrak sebesar Rp.28.200.000,- (dua puluh delapan juta dua ratus ribu rupiah).

Penandatanganan Kerjasama

Pengadilan Agama Sukoharjo dan Majelis Hukum dan HAM Aisiyah Jawa Tengah Cabang Sukoharjo

Foto Bersama dengan Wakil Ketua PA Sukoharjo