logo mahkamah agung website ramah difable
Typography Berita Terkini

Kami akan menyajikan berita-berita terupdate tentang berbagai kegiatan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

MOU dan Penandatanganan Kontrak Posbakum TA 2021

4Januari

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 4 Januari 2021. Dilihat:10

Senin, 4 Januari 2021, Pengadilan Agama Sukoharjo telah melaksanakan Pengadaan Posbakum untuk TA 2021. Yang menjadi Penyedia Jasa resmi ditunjuk melalui Pengadaan Langsung dengan Uji Kompetensi dan Wawancara untuk Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Konsultansi Pos Bantuan Hukum Pada Pengadilan Agama Sukoharjo Tahun 2021, adalah Majelis Hukum dan HAM Äisyiyah Wilayah Jawa Tengah , dengan harga pekerjaan/kontrak sebesar Rp.28.200.000,- (dua puluh delapan juta dua ratus ribu rupiah).

Penandatanganan Kerjasama

Pengadilan Agama Sukoharjo dan Majelis Hukum dan HAM Aisiyah Jawa Tengah Cabang Sukoharjo

Foto Bersama dengan Wakil Ketua PA Sukoharjo

Penyerahan Uang dan Sertifikat Hasil Lelang

28Des

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 28 Desember 2020. Dilihat:10

Senin, 28 Desember 2020, Pengadilan Agama sebagai salah satu lembaga peradilan di Indonesia tidak dapat menolak suatu perkara yang diajukan pemohon untuk dilakukan lelang, Pengadilan Agama Sukoharjo telah menyelenggarakan eksekusi penjualan lelang pada hari Rabu, 2 Desember 2020, tindak lanjut dari lelang tersebut adalah Pemberian Sertifikat kepada pemenang Lelang dan Pemberian Uang Hasil Lelang Ke Pemohon Eksekusi dengan Perkara Nomor 5/Pdt.Eks/2019/PA.Skh

Pemberian Sertifikat

Pemberian Uang Hasil Lelang

Laku 250.500.000, Tanah dan Bangunan di Polokarto


Berhasil Dilelang

03Des

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 3 Desember 2020. Dilihat:15

Kamis, 3 Desember 2020, Pengadilan Agama sebagai salah satu lembaga peradilan di Indonesia tidak dapat menolak suatu perkara yang diajukan pemohon untuk dilakukan lelang, Pengadilan Agama Sukoharjo telah menyelenggarakan eksekusi penjualan lelang pada hari Rabu, 2 Desember 2020. Hadir dalam acara lelang tersebut Panitera Dra. Hj. Farkhah, Pejabat Lelang Ratno Puji Laksana, dari KPKNL Surakarta, dan saksi-saksi. Sebelum dibuka acara penjualan lelang, Panitera selaku kuasa penjual objek lelang yang ditugaskan Wakil Ketua Pangadilan Agama Sukoharjo (Mursyid Syah S.Ag) dan berdasarkan surat tugas yang diberikan telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti SKPT dari BPN Sukoharjo, Surat kuasa penjual dari Wakil Ketua Pengadilan Agama, Pengumuman lelang yang asli di koran, sertifikat asli objek lelang dan administrasi lainnya guna mendukung keabsahan pelaksanaan lelang. Acara lelang dimulai pukul 10.00 wita bertempat di KPKNL Surakarta , kemudian dilanjutkan dan dipimpin langsung oleh Pejabat/Juru Lelang dari KPKNL Surakarta. Dari satu objek lelang yang ditawarkan, telah laku dijual seharga 250.500.000 rupiah. dengan objek lelang berupa tanah dan bangunan seluas 208 M2 yang terletak di Desa Jatisobo , Kecamatan, Polokarto Kabupaten Sukoharjo Lelang dilaksanakan secara daring melalui situs web lelang.go.id. Pelaksanaan lelang tersebut berpedoman pada Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Perdirjen) Nomor 5/KN/2020 tentang Panduan Pemberian Layanan Lelang pada KPKNL Dalam Status Bencana Nasional Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang mengakomodasi kenormalan baru akibat pandemi covid. Perdirjen tersebut, yang memungkinkan ketidakhadiran penjual maupun peserta lelang dan mengandalkan pelaksanaannya secara online/virtual.

Proses Lelang di KPKNL Surakarta melalui Virtual

Peserta Proses Lelang Tersebut

Pertama Kali, Mediasi secara Virtual

13Nov

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 13 November 2020. Dilihat:14

Jumat, 13 November 2020, Untuk pertama kalinya Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan mediasi secara Virtual, mediasi ini dapat terlaksana berkolaborasi dengan Pengadilan Agama Tangerang , mediasi secara Virtual melalui Zoom Meeting ini di mediatori oleh Dra. Hj. Muhlisoh, M.H , dengan Nomor Perkara 1271/Pdt.G/2020/PA.Skh. Hasil dari mediasi ini adalah para pihak tetap melanjutkan perkara ini, mediasi mendamaikan pihak Penggugat dan Tergugat tidak berhasil.

Pihak Tergugat berdomisili di wilayah Yurisdiksi Pengadilan Agama Tangerang

Pihak Penggugat dan Mediator

Desk Evaluasi Zona Integritas

12Nov

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan 12 November 2020. Dilihat:14

Kamis, 12 November 2020 , Memenuhi surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Desk evaluasi pembangunan zona integritas di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya dan surat Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/158/PW./03/2020 tanggal 3 November 2020 perihal pelaksanaan desk evaluasi zona integritas tahun 2020, Pelaksanaan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya yang dilaksanakan tanggal 5 s/d 13 November 2020, Desk evaluasi dilaksanakan melalui Virtual Meeting antara KemenpanRB dengan Pimpinan PA Sukoharjo serta Tim Kerja Pembangunan ZI PA Sukoharjo dan satu orang pendamping yang ditunjuk oleh Mahkamah Agung RI. Desk Evaluasi ini dimulai dengan Pembukaan, presentasi oleh Wakil Ketua PA Sukoharjo , tanya jawab dan terakhir penutup.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo menyampaikan presentasi

Tim Kerja ZI Pengadilan Agama Sukoharjo

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Pengadilan Agama Sukoharjo

10Nov

Dipublikasikan oleh Andre 10 November 2020. Dilihat:14

Pada Hari Selasa, 10 November 2020 Pengadilan Agama Sukoharjo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo. Upacara Hari Pahlawan dilaksanakan Menindaklanjuti arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI berkenaan dengan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020, maka dengan ini diinstruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Selasa, tanggal 10 November 2020, Pelaksanaan Upacara dilaksankan pada pukul 08.00 WIB, dengan diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional dan Staf Pengadilan Agama Sukoharjo.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Peserta Upacara

Kerja Praktik PPL Universita Duta Bangsa

10Nov

Dipublikasikan oleh Andre 10 November 2020. Dilihat:14

Senin, 09 November 2020 Dua orang Mahasiswa Fakultas Komputer dari Universitas Duta Bangsa memulai magang atau Kerja Praktik selama 3 Bulan di Pengadilan Agama Sukoharjo. Proses Kerja Praktik dilaksanakan dari 09 November 2020 - 30 January 2021, Dengan adanya kegiatan Kerja Pratik tersebut bisa menambah wawasan/pengetahuan mereka serta pembekalan buat kerja nyata setelah selesai dari pendidikan S1.

Peserta PPL

Rapat Tinjauan Manajemen Temuan APM 2020

27Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi pada 27 Oktober 2020. Dilihat:10

Selasa, 27 Oktober 2020 Pengadilan Agama Sukoharjo mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen menindaklanjuti hasil Temuan Assesor Eksternal pada Surveillance ke 3 Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 , dari temuan yang disampaikan Tim APM Badilag , semua temuan minor, namun begitu harus tetap ditindaklanjuti dan didokumentasi sehingga After Before nya bisa terlihat. Dari Ketua APM , Zarkasi S.H, Keterbukaan Informasi Publik harus ditingkatkan, Aplikasi PNBP Fungsional dioptimalkan, 5 R ditingkatkan, Prosedur Evakuasi Darurat perlu ditambah, decorum ruang sidang perlu ditambah APAR. Bagian terkait sanggup menindaklanjuti temuan-temuan tersebut sesegera mungkin.

Rapat Tinjauan Manajemen

Peserta Rapat Tinjauan Manajemen (Tim APM)

Pelantikan Panitera Muda Hukum

23Oktober

Dipublikasikan oleh Eko Yulianto pada 23 Oktober 2020. Dilihat:5

Jum’at, 23 Oktober 2020 Pengadilan Agama Sukoharjo melangsukan Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sasmito, S. H sebagai Panitera Muda Gugatan sekaligus Pengantar Alih Tugas H. Sahrowardi S.H sebagai Jurusita di Pengadilan Agama Karanganyar dan H. Wassalam S. H sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Surakarta. Acara tersebut dilantik langsung oleh Mursyid Syah S. Ag selaku wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo di ruang sidang I (satu) kantor Pengadilan Agama Sukoharjo. Prosesi acara tersebut dihadiri beberapa pegawai Pengadilan Agama Karanganyar serta seluruh pegawai struktural maupun fungsional Pengadilan Agama Sukoharjo. Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, lalu pembacaan doa oleh Hafidz Umami S.H.I kemudian dibacakan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama No. 1935/DJA/KP.04.6/SK/9/2020 tanggal 28 September 2020, oleh petugas pelantikan yaitu Anggit Yovita Cindy S.Sy. , kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh pejabat yang dilantik, dua orang saksi (Slamet Sutadi S.Ag dan Dra. Hj. Farkhah), dan Rohaniwan (Kuncoro S.H), terakhir pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang baru dilantik. Pelantikan tersebut merupakan bagian dari hasil rapat pimpinan Mahkamah Agung RI tentang Promosi dan mutasi Pejabat Kepaniteraan Peradilan Agama Tahun 2020 Meskipun dilaksanakan dengan sederhana, acara ini berlangsung cukup berkesan. Kegiatan ini digelar dengan tetap memperhatikan Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Covid-19.

Pelantikan Panitera Muda Hukum An. Sasmito, S.H

Surveilance III APM di PA Sukoharjo

22Oktober

Dipublikasikan oleh Adhi Kurniawan pada 22 Oktober 2020. Dilihat: 12

Rabu, 21 Oktober 2020 Tim Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) melakukan observasi (Surveillance ke III) di Pengadilan Agama Sukoharjo, hal-hal yang menjadi perhatian dalam observasi ini adalah bagaimana proses bisnis dan standar operasional prosedur serta budaya kerja di Pengadilan Agama Sukoharjo diterapkan secara sungguh-sungguh dan sesuai dengan standart yang ditetapkan. Tim Evaluasi yang terdiri dari Sekretaris PTA Semarang, Abdul Muthalip S.Ag , SH , Kabag Perencanaan dan Kepegawaian , Suparijanto Sigit SH , dan Panitera Pengganti H. Riyanto S.H ini memberikan apresiasi yang cukup baik dan harus dipertahankan. Pelayanan PTSP bagus, integritas bagus, mulai dari pintu masuk Petugas memberikan informasi yg lengkap, di meja 3 juga juga sudah memberikan keterangan yang baik, ujarnya. Kemudian di meja informasi salah satu anggota Tim evaluasi APM menyamar dengan menanyakan tata cara mengajukan perkara cerai di Pengadilan Agama Sukoharjo dan berupaya untuk menyuap petugas agar dihubungkan dengan pimpinan supaya perkara yang diajukan tidak usah melalui proses/prosedur sehingga langsung mendapatkan akta cerai/ salinan penetapan. Petugas sempat kaget namun dijelaskan dengan baik, dengan senyum salam sapa sopan santun bahwa di Pengadilan Agama Sukoharjo pengajuan pendaftaran perkara harus sesuai prosedur, melarang keras adanya penyuapan ataupun pungli , dan tidak dibenarkan para pihak bertemu dengan pimpinan Pengadilan. Di bagian Kepaniteraan salah satu anggota Tim Evaluasi mengecek kelengkapan berkas dan kesesuaian dengan SIPP , hasilnya juga memuaskan dan sesuai. Di Kesekretariatan , kebersihan menjadi acuan utama, setelah dilihat Tim dari depan sampai dengan belakang , tampak sudah bersih , harus dipertahankan, tidak hanya pas ada tim evaluator atau pengawasan reguler, tetapi jiwa kebersihan harus ada pada masing-masing pegawai, utamanya pada bagian yang merupakan tusinya. Hasil evaluasi lainnya untuk penyusunan eviden perlu ditata dengan menggunakan map dan dimasukkan plastik satu persatu, maksimal 1 plastik untuk 2 kertas ditata bolak balik. Dokumen Master wajib ada dan di evaluasi dengan mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen bilamana ada perubahan. Juga untuk peningkatan layanan diberi masukan oleh Tim Evaluator bila perlu ada layanan peminjaman jilbab dan sarung bagi pelanggan/pencari keadilan yang berpakaian kurang sopan..

APM Surveilance III